Arsip Blog

Selasa, 30 November 2010

Inggris Tempat Terbaik Operasi Jantung di Eropa



Manchester, Inggris dan Wales adalah tempat terbaik di Eropa untuk menjalani operasi jantung berdasarkan laporan terbaru perkumpulan kardiologi Eropa. Kedua tempat ini melaporkan jumlah kematian yang lebih sedikit dibanding tempat lain di Eropa.

Laporan yang dipublikasikan The European Association for Cardio-Thoracic Surgery ini merupakan data terbaru yang dikumpulkan dari 23 negara Eropa.

Menurut laporan tersebut seperti dilansir Telegraph, Minggu (28/11/2010), jumlah kematian akibat operasi jantung di Inggris dan Wales, 25 persen lebih rendah dibanding negara Eropa lainnya dengan jumlah hari menginap 10 hari lebih pendek.

Rata-rata tingkat kematian akibat operasi bypass arteri koroner (operasi yang paling umum dilakukan) di negara Eropa adalah 2,4 persen. Perhitungan ini sudah berdasarkan usia pasien dan tingkat kerumitannya.

Sementara Inggris dan Wales mencatat angka kematian yang lebih rendah yakni 1,1 persen (Wales) dan 1,8 persen (Inggris). Sedangkan Skotlandia juga masih di bawah rata-rata tingkat kematian yakni 2,2 persen.

Pihak NHS (National Health Service) Inggris mengaku bangga atas diakuinya Inggris sebagai tempat teraman untuk operasi jantung.

"Banyak nyawa telah tertolong dari operasi. Pengakuan ini akan membuat kami terus memperbaiki semua aspek perawatan, lebih fokus, lebih detail sehingga pasien mendapat perawatan yang terbaik," kata chief executive of the NHS, Nigel Edwards.

Operasi jantung adalah salah satu operasi yang paling berisiko. Penyakit jantung saat ini juga tidak hanya menyerang orang tua tapi juga usia muda.

Seseorang yang sudah tua memang memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih besar, tapi bukan berarti orang yang masih muda bebas penyakit jantung. Hal ini karena gaya hidup yang dijalani masyarakat sudah tidak sehat seperti terlalu banyak konsumsi fast food, kurangnya aktivitas fisik serta pola hidup tak sehat lainnya.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan jantung adalah genetik, jika orangtua memiliki gangguan pada jantung akan membuat faktor risikonya menjadi lebih besar. Selain itu riwayat kesehatan juga bisa mempengaruhi seperti penyakit diabetes, tekanan darah tinggi atau gangguan kolesterol.

Jadi seseorang yang merasa dirinya fit atau sehat tetap saja memiliki risiko, karenanya rajinlah memeriksakan kondisi kesehatan dan memantau kinerja organ jantung.


Sumner: http://www.adsiklangratis.co.cc/2010/11/inggris-tempat-terbaik-operasi-jantung.html

0 komentar: