Arsip Blog

Selasa, 30 November 2010

Inilah, 5 Nutrisi Yang Wajib Dikonsumsi Wanita


 Kebiasaan diet yang sering dilakukan membuat wanita membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi lebih banyak. Berikut lima buah nutrisi yang wajib dikonsumsi oleh wanita.

"Wanita sering melakukan diet dan itu membuat tubuhnya kekurangan nutrisi dan vitamin dalam tubuhnya," ujar Heidi Skolnik, MS, seorang konsultan gizi.

Seperti yang dikutip dari everydayhealth, menu makanan yang sehat dan vitamin sangatlah baik untuk kesehatan jangka panjang. Jika Anda tetap ingin berdiet, sebaiknya pertimbangkan untuk menambahkan beberapa nutrisi ini ke dalam menu diet Anda.

1. Kalsium : Wanita biasanya membutuhkan 1.000 hingga 1.500 miligram kalsium tiap harinya, tergantung pada usianya. Anda dapat memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari dengan produk susu, kedelai atau suplemen kalsium. Semakin bertambahnya usia, wanita mengalami penurunan massa tulang yang menyebabkan osteoporosis. Hal ini bisa dihindari dengan rajin mengonsumsi kalsium sejak dini.

2. Zat besi : Jika Anda masih menstruasi, pastikan bahwa Anda cukup mendapatkan asupan zat besi untuk mencegah anemia. biasakan untuk mengonsumsi makanan seperti daging, kacang-kacangan, tahu dan telur. Selain itu biasakan juga untuk memakan makanan dengan kandungan vitamin C tinggi, seperti jus jeruk atau buah jeruk. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi.

3. Asam Folat : Wanita yang sedang hamil, membutuhkan banyak asupan asam folat dalam tubuhnya. Jika kekurangan, ini dapat menyebabkan bayi lahir cacat dan mempengaruhi otak serta sumsum tulang belakangnya. Selain dari suplemen, folat juga bisa ditemukan dalam jus jeruk, kacang-kacangan, sayuran hijau dan roti.

4. Beta-karoten : Menurut Heidi Skolnik, zat anti-oksidan seperti beta-karoten mampu membuat tubuh bertahan dari kerusakan sel. Sumber makanan yang mengandung beta-karoten adalah buah dan sayuran berwarna oranye seperti, wortel, aprikot, pepaya, melon, labu, ubi jalar dan mangga.

5. Asam lemak omega tiga : Nurtisi ini berguna untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Makanan seperti ikan salmon dan tuna merupakan sumber makanan yang mengandung omega tiga terbesar. Pilihan lainnya, Anda juga bisa mengonsumsi kapsul minyak ikan.

0 komentar: