Selasa, 22 Februari 2011

30 Persen Pelajar & Mahasiswa Buleleng Terjangkit HIV

Kabupaten Buleleng merupakan daerah terbesar yang terjangkit HIV di Bali. Tercatat, 1.025 orang telah terkena virus tersebut, dimana 30 persen masih berstatus pelajar dan mahasiswa, serta 15 persen ibu rumah tangga.

Data tersebut disampaikan Ketua KPAD Kabupaten Buleleng Made Arga Pynatih di kantornya, Buleleng, Bali, Senin (21/2/2011).

Berdasarkan data pada KPAD Buleleng, penyebaran virus HIV di Kabupaten Buleleng, 89 persen disebabkan kontak seksual atau berganti-ganti pasangan hubungan seksual. Berdasarkan pekerjaannya, penderita sebanyak 15 persen menimpa ibu rumah tangga, sebanyak 30 persen merupakan pelajar dan mahasiswa serta 5 persen Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan sisanya para pekerja wiraswasta.

Orang dengan HIV AIDS (ODHA) di Buleleng bertambah memasuki bulan Februari 2011. Sebagian besar penyebaran virus HIV tersebut disebabkan akibat kontak seksual. Arga mengatakan seebagian besar korban HIV AIDS di Kabupaten Buleleng merupakan usia produktif dan beberapa diantaranya masih duduk di bangku sekolah ditingkat SMP dan SMA.

"Perlu upaya pendampingan dilakukan sejumlah sukarelawan untuk memberikan pengawasan maupun membantu korban itu sendiri, sehingga penyebaran virus yang mematikan itu tidak berlanjut," katanya.

Arga yang juga Wakil Bupati Buleleng melihat fenomena terjadi di Buleleng, kondisi tersebut sangat memprihatinkan. Untuk itu, upaya pencegahan akan terus dilakukan termasuk juga melibatkan anak-anak pelajar agar mampu melakukan antisipasi dini serta mengetahui bahaya HIV AIDS.

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7151133

0 komentar: