Arsip Blog

Jumat, 10 Desember 2010

Inilah Peraturan Baru MotoGP 2011

Hasil pertemuan dewan MotoGP di Madrid, Kamis (9/12/2010) waktu setempat, telah membuat beberapa peraturan baru untuk MotoGP 2011. Apakah itu?

Ya, Komisi Grand Prix yang terdiri dari Carmelo Ezpeleta (Dorna Sports, Chairman), Ignacio Verneda (FIM Executive Director, Sport), Hervé Poncharal (IRTA) dan Takanao Tsubouchi (MSMA) membahas beberapa peraturan baru.

Sebagaimana dikutip situs resmi MotoGP, Jumat (10/12/2010) dini hari WIB, dewan komisi MotoGP memutuskan musim depan tidak hanya tiga sesi (dua latihan bebas dan satu kualifikasi) pada setiap pekan, melainkan empat kali dengan waktu 60 menit setiap sesi..

Sementara untuk Moto2 sesi latihan adalah empat sesi di mana masing-masing berdurasi 45 menit. Sedang di 125cc ada empat sesi yang terbagi dalam dua bagian: dua sesi di pagi hari berlangsung masing-masing 45 menit dan dua sesi di sore hari digelar 30 menit tiap sesinya.

Sistem empat sesi terakhir kali digunakan pada tahun 2008. Untuk dua musim berikutnya, durasi dan jumlah sesi latihan dikurangi dalam rangka penghematan biaya. Hal tersebut banyak dikeluhkan oleh pembalap.

Keputusan lain adalah posisi start yang menempatkan tiga pembalap di setiap grid berlaku untuk semua kelas.

Keputusan ini mendatangkan perubahan pada kelas Moto2 dan 125 yang sebelumnya menempatkan empat pembalap di setiap barisan start.

Berikut peraturan baru MotoGP:

MotoGP: Empat sesi (tiga sesi latihan dan satu kualikasi) waktu 60 menit setiap sesi.
Moto2: Empat sesi (tiga sesi latihan dan satu kualikasi) waktu 45 menit setiap sesi.
125cc: Dua sesi (pagi) dengan waktu 45 menit dan dua sesi (sore) 30 menit.

Sumber: http://www.suaramedia.com/olah-raga/motorsport/34121-inilah-peraturan-baru-motogp-2011.html

0 komentar: