Arsip Blog

Minggu, 05 Desember 2010

Investasikan Satu Blog untuk Hari Nanti

Anda seorang pebisnis online? Jika benar, apakah anda seorang pebisnis online yang melibatkan blog sebagai ladang uang? Apakah anda masih pemula seperti saya? Jika iya, anda berada di artikel tepat yang akan membahas masalah dasar untuk bergulat dalam atmosfer persaingan ketat dunia blogging.
Dunia blogging semakin berkembang pesat dewasa kini, tak lain karena blogging merupakan media yang cepat, lengkap, tidak ada batasan waktu dan umur serta selalu up to date. Blogging bukan hanya menjadi sarana untuk mendapatkan info yang aktual,  tak jarang kebanyakan di antara kita menjadi seorang pro blogger dengan mengandalkan blog sebagai media utama untuk menghidupi diri sendiri maupun keluarga.
Menurut pandangan saya sebagai seorang pemula, bergulat bisnis di dunia online khususnya blogging juah lebih murah, mudah, dan efektif ketimbang menjadi seorang pebisnis offline. Mengapa? Bisa dibuktikan saya yang hanya seorang pemula didunia online bisa menghasilkan (maaf, sebaiknya tanggapi ini dengan sikap dewasa) hingga $15 hingga $20 per hari dari dunia online. Mungkin angka sebesar itu adalah angka yang kecil bagi kebanyakan diantara kita, tetapi itu sudah lebih dari cukup untuk saya. Maklum, uang segitu udah gede banget buat anak sekolahan seperti saya. hehehe. Ini menunjukkan bahwa dunia online merupakan dunia yang efektif untuk mendulang pundi – pundi penghasilan.
Melalui artikel ini, saya sebagai seorang pemula ingin memberi sedikit tips agar bisa mendapatkan hasil yang terbilang “cukup” untuk mengisi kekosongan kantong. Lantas apa maksud “Investasikan Satu Blog untuk Hari Nanti?”. Langsung ke permasalahan. Tapi, artikel ini saya persembahkan untuk newbie seperti saya karena menurut saya bagi seorang problogger artikel ini tidaklah ada apa – apanya. Saya paham itu. :)
Jika anda sekarang sudah memiliki penghasilan dari dunia online, saya sarankan anda men-developt atau mengembangkan sebuah blog untuk menjadi investasi di masa depan. Kita coba masuk langsung ke tips.

1. Tentukan Tema Kesukaan Anda untuk Dijadikan Niche Blog

Maaf, sebelumnya saya lupa. Blog yang di investasikan ini saya sarankan adalah blog yang berbahas inggris, karena memang pada dasarnya blog berbahasa inggris akan lebih mudah di monetize ketimbang blog bahasa Indonesia. Kembali ke poin pertama, Mengapa ini perlu dilakukan? Karena satu blog yang akan menjadi investasi kita ini harus full menulis sendiri untuk content update-nya. Jadi, kita harus menguasai betul tema yang akan kita bahas di blog kita sehingga tidak ada kesulitan dalam pengisian konten blog.
Bagaimana jika saya tidak bisa berbahasa inggris? atau Bagaimana jika saya seorang yang sibuk dan hanya memiliki sedikit waktu untuk update blog? Kasus seperti ini sama dengan yang saya alami, saya hanya memiliki sedikit waktu untuk update blog. Solusinya, saya mengontrak beberapa orang untuk update konten blog. Banyak jalan menuju Roma.

2. Lakukan Research Keyword Sesuai dengan Tema Yang Sudah Anda Pilih dan Beli TLD

Banyak sekali cara melakukan research keyword. Salah satunya adalah (mungkin ini adalah suatu hal yang basi) dengan menggunakan keyword tool dari Google Adwords. Untuk yang belum tahu, silahkan ke halaman ini. Seperti yang sudah pernah saya post di artikel saya yang berjudul Tips SEO untuk Fresh Blog atau Blog Baru Ala Danu Akbar dan coba liat pembahasan Domain.
Jika anda sudah menemukan keyword yang bagus mulai dari perkiraan jumlah pendapatan, jumlah visitor, dll (Insya Allah, akan saya bahas nanti), beli domain yang mengandung keyword tersebut. Satu contoh, anda menemukan keyword Technology News (hanya contoh). Nah, untuk mempermudah, beli Top Level Domain (TLD) yang mengandung keyword itu contohnya: thetechnologynews.com atau technologynewsnow.com atau thisistechnologynews.com.

Sumber:  http://danuakbar.com/investasikan-satu-blog-untuk-hari-nanti/

0 komentar: