Arsip Blog

Minggu, 05 Desember 2010

Tips-trik Merawat Komputer

Berinternet lewat komputer memang menyita waktu. Sehingga sobat mungkin kadang lupa memikirkan bahwa komputer pun seperti manusia perlu dirawat dan dicek software dan hardwarenya secara berkala.
Berikut ini Tips-trik agar komputer sobat tetap tetap fresh dan tahan lama:

1. Defrag harddisk secara berkala.
Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja komputer akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.

Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter.
Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yang berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini.

2. Aktifkan Screensaver
Monitor CRT juga televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yang sama untuk beberapa saat maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu gambar menjadi redup/kurang jelas.

Lain halnya jika monitor Anda adalah LCD, LED yang sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi.

Cara mengaktifkan screensaver dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya klik Start > Control Panel > Display > klik tab screensaver, kemudian pilih sesuai selera Anda.

3. Tempatkan Monitor maupun CPU di tempat yang Ventilasinya Cukup
Hal ini dilakukan agar udara dari dan ke monitor/CPU lancer sehingga tidak terjadi panas yang berlebhan pada komponen/ rangkaian elektronik yang bisa menyebabkan komponen itu cepat rusak.

Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan.

4. Pakailah UPS atau stavolt.
Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Jika tidak ada UPS, pakailah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.
Sumber: http://sookapura.blogspot.com/2010/12/tips-trik-merawat-komputer.html

0 komentar: